Ketua P3AI PNP Optimis Pembelajaran Berbasis Proyek Siap Diaudit  Sebelum Akhir Tahun

Ketua P3AI PNP Optimis Pembelajaran Berbasis Proyek Siap Diaudit  Sebelum Akhir Tahun

 

PNP News. Ketua Pusat Peningkatan dan Pengembangan Aktifitas Instruksional (P3AI), Sukartini, S.E., M.Kom., Ak., C.A. optimis Politeknik Negeri Padang (PNP)  sukses mengimplementasikan Peta Jalan Project Base Learning (PBL) yang digagas sejak Januari 2021. Peta tersebut diharapkan siap diaudit sebelum tutup 2022. Hal itu diungkapkan Sukartini di hadapan Tim Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (APTV)  yang menjalankan Visitasi Praktik Baik Penyelenggaraan PBL PNP, di Kampus Limau Manis, Padang, Kamis, 20 Oktober 2022.

 

 

 

Dalam acara yang dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur 3 PNP, Junaldi, S.T., M.Kom. tersebut, Sukartini menekankan, Oktober 2022 ini, memang jadwalnya Direktorat APTV melakukan Sosialisasi perdirjen tentang panduan penerapan pembelajaran berbasis proyek (PBL) pada perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi. Sosialisasi dimaksud adalah Sosialisasi Perdirjen Pendidikan Vokasi No. 27 Th 2022. Selanjutnya hingga November 2022 diselenggarakan Evaluasi Mengukur Ketercapaian PBL PNP. Kegiatan tersebut mengacu pada instrumen Evaluasi Capaian Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV), tepatnya pada Formulir Audit Internal Pelaksanaan Pembelajaran PBL.

Sukartini mencontohkan metode evaluasi yang diterapkan berupa laporan proyek individi dan laporan proyek tim yang dikumpulkan setiap minggu sesuai dengan jobdesk yang telah ditentukan. Secara berkala direncanakan benchmark ‘tolak ukur’ dan reflection ‘kemampuan untuk mengevaluasi pikiran dan tindakan’ yang mengharuskan setiap tim mempresentasikan progress ‘kemajuan’ kerja proyek. Evaluasi dilakukan melalui diskusi dan tanya jawab serta penilaian menggunakan rubrik presentasi. Presentasi dan demonstrasi produk yang dihasilkan melalui pembelajaran berbasis proyek, bisa dijadikan sebagai pengganti UTS, terangnya.

Presentasi dan demonstrasi produk yang dihasilkan melalui pembelajaran berbasis proyek bisa dijadikan sebagai pengganti UAS. Untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep pertemuan pada pekan 1-7 diberikan soal essay. Untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep pertemuan pada pekan 1-14 diberikan soal pilihan ganda, imbuhnya.

 

 

Mantan Ketua Jurusan Akuntansi ini juga mengilasbalik program PBL di PNP sejak Januari 202 yang diawali dengan sosialisasi Kepmendikbud No. 3/M/2021 Tentang IKU PTN dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selanjutnya dilaksanakan  Sosialisasi Competitive Fund yang mencakup Hibah Competitive Fund 2021 untuk Prodi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak,  Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata, dan  D2 Fast Track Listrik dalam bentuk Modul Ajar yang menerapkan PBL.

Pada Maret 2022, utusan PNP merespon praktik baik dari industri dan Politeknik lain dalam  “Workshop Model Pembelajaran PBL dengan D-Tech Engineering” di Salatiga dan “Workshop Penerapan PBL di Politeknik” di Politeknik Batam. April 2022 dimulai pemahaman PBL di program studi melalui focus group discussion (FGD) PBL Seri-I, dilanjutkan dengan Rencana Pelaksanaan PBL di pogram studi melalui FGD PBL Seri-II dengan menghadirkan Narsumber Sudra Irawan  dari Politeknik Batam dilengkapi dengan presentasi dari masing-masing jurusan.

 

 

Pada Agustus 2022 disosialisasikan Perdirjen Pendidikan Vokasi no. 27 Th 2022 tentang Panduan Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) pada Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi. Selanjutnya pada September 2022 P3AI membuat draft format Panduan Modul Ajar Berbasis PBL, format Rencana Pembelajaran Semester (RPS) PBL dan Rencana Pelaksanaan Proyek (RPP) PBL, pungkas alumnus S2 Universitas Putra Indonesia Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (YPTK).

 

Visitasi untuk Empat Politeknik

Dalam keterangan tertulisnya, Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Dr. Beny Bandanadjaya, ST., M.T. membenarkan, dalam rangka implementasi Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Nomor 27 Tahun 2022 tentang Panduan PBL pada Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi, Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi melaksanakan visitasi terkait praktik baik penyelenggaraan PBL pada Perguruan Tinggi, termasuk ke PNP.

 

 

Setelah melakukan visitasi pertama ke PNP pada 20 Oktober 2022, tim bertolak ke Politeknik Negeri Bali pada 23 November 2022, dan ke  Politeknik Elektronika Negeri Surabaya pada  29 November 2022, serta ke  Politeknik Negeri Banjarmasin pada 2 Desember 2022.

Sebagai bahan diskusi pada saat pelaksanaan kegiatan visitasi, PNP diharapkan menyiapkan Presentasi Penyelenggaraan PBL dan Simulasi Penyelenggaran PBL pada PNP. Hal yang sama juga berlaku bagi  Politeknik Negeri Bali, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, serta Politeknik Negeri Banjarmasin. Agar pelaksanaan kegiatan dapat berlangsung secara efisien dan efektif, semua perguruan tinggi dimaksud diminta  menghadirkan seluruh Wakil Direktur, Perwakilan dari Unit Penjaminan Mutu Internal, Perwakilan dari Jurusan dan Program Studi, serta perwakilan dari seluruh unit yang mendukung penyelenggaraan PBL.

Saat visitasi, tampil juga mempresentasikan PBL Prodi D4 PIR dr Jurusan Teknik Sipil dan Prodi D3 Bahasa Inggris.

Tim Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (APTV)  yang menjalankan Visitasi Praktik Baik Penyelenggaraan PBL PNP terdiri dari Nunung Martina dan  Ahmad Riyad Firdaus (Reviewer), Dina Sabrina, Sri Damayanti,  Alman Pawzy, dan Eni Susanti (Tim Diksi).

 

Keterangan gambar: Tim Visitasi dan Wadir 3 mengunjungi Jurusan Teknik Sipil.

 

 

Keterangan gambar: Dr. Dalrino, S.T., M.T. sedang memaparkan PBL di Program Studi D4 Teknik Perencanaan Irigasi dan Rawa (PIR), Jurusan Teknik Sipil di hadapan Tim Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (APTV) yang menjalankan Visitasi Praktik Baik.

 

 

Keterangan gambar: Mahasiswa Teknik Perencanaan Irigasi dan Rawa (PIR) yang ikut berpartisipasi.

 

 

Keterangan gambar: Tim Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (APTV) yang menjalankan Visitasi Praktik Baik ditemani Pejabat P3AI PNP disambut Ketua Jurusan Bahasa Inggris, Dr. Martini, M.Pd. dan dosen Jurusan Bahasa Inggris lainnya.

 

 

Keterangan gambar: Kunjungan Tim Visitasi ke studio dan berdialog dengan mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris.

 

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

d®amlis

Fotografer: Naswiradianto